5 Keuntungan Terlambat Menikah



"Lebih baik terlambat menikah dari pada salah menikah." 
Kalimat tersebut menjadi kalimat andalan bagi pria ataupun wanita yang sudah memasuki usia 'dewasa' tetapi belum juga mengakhiri masa lajang a.k.a menikah. Banyak faktor yang menyebabkan mengapa seseorang memilih atau terpaksa terlambat menikah, salah satunya adalah belum menemukan pasangan hidup yang tepat.

Menikah bukanlah sekedar hubungan yang didasari cinta, tapi menikah adalah menyatukan dua orang yang berbeda, baik dari segi kepribadian maupun pola pikir. Dibutuhkan kedewasaan yang benar-benar matang untuk menjalani kehidupan pernikahan. Jadi, itulah sebabnya mengapa bagi sebagian orang menikah itu bukan perkara yang gampang.

Tapi, bagi Anda yang termasuk dalam kategori "Terlambat Menikah", jangan berkecil hati, karena ada beberapa keuntungan yang dapat Anda rasakan meskipun terlambat menikah.


1. Menata Karier




Setelah menikah, mungkin akan lebih sulit bagi Anda untuk menata karier. Terlebih bagi wanita, saat Anda menjadi seorang istri ataupun ibu, karier bukan lagi prioritas utama bagi Anda. Sudah pasti peran Anda sebagai ibu rumah tangga akan lebih menyita waktu dan perhatian. Demikian pula bagi pria, saat Anda harus rotasi tempat kerja untuk kenaikan jabatan, sudah pasti hal tersebut akan menjadi dilema mengingat ada istri dan anak yang harus Anda tinggalkan.

Berbeda halnya ketika Anda masih sendiri (belum menikah), Anda bebas menata karier sebaik mungkin, tidak akan banyak hal yang Anda pertimbangkan. Jadi, berkarierlah sebaik mungkin sampai Anda menemukan pasangan hidup yang tepat.

2. Menabung




Pengeluaran seseorang yang telah menikah dengan seseorang yang masih sendiri sudah pasti berbeda. Manfaatkanlah Anda masih sendiri, menabunglah sebanyak-banyaknya. Hal ini juga akan sangat berguna ketika Anda telah menemukan pasangan hidup yang tepat, Anda akan siap secara financial untuk membina bahtera rumah tangga. Dan percaya atau tidak, kesiapan Anda secara financial akan menjadi nilai tambah bagi calon pasangan Anda.

3. Membantu Orang Tua




"Mertua dan menantu adalah dua orang yang sulit untuk disatukan" Apa yang dapat Anda lakukan untuk Orang Tua setelah Anda menikah? Mungkin ada, tapi tidak sebanyak ketika Anda masih sendiri. Setelah menikah, Anda dan pasangan akan membina keluarga baru, dan itu menjadi prioritas. Anda tak lagi bisa membantu orang tua secara finansial sesuka hati, sudah pasti harus dibicarakan dengan pasangan terlebih dahulu. Bandingkan ketika Anda masih sendiri, kapan saja orang tua membutuhkan Anda, baik secara finansial maupun waktu, Anda akan lebih bersedia.

4. Traveling




Salah satu hal yang paling membahagiakan adalah saat Anda bebas traveling kemana saja dan dengan siapa saja. Tidak akan ada hal yang memberatkan Anda saat bepergian. Jadi sebelum Anda mengubah status dari lajang menjadi menikah, menjelajahi dunia bisa jadi pilihan yang tepat.

5. Pendewasaan Diri




Tidak mudah menjalani biduk rumah tangga, butuh pribadi yang benar-benar dewasa untuk bisa menerima setiap kelebihan dan kekurangan pasangan Anda. Maka bersyukurlah Anda yang meskipun terlambat menikah, Anda masih punya waktu untuk mendewasakan diri. Setiap orang memimpikan pernikahan sekali seumur hidup, maka belajarlah dari pengalaman orang-orang yang sudah menikah, agar Anda benar-benar siap saat dipertemukan dengan pasangan hidup Anda.

5 Keuntungan Terlambat Menikah 5 Keuntungan Terlambat Menikah Reviewed by slazhpardede on May 30, 2016 Rating: 5