Jika Kamu Memiliki 7 Sifat Ini, Artinya Kamu Sudah Dewasa



"Menjadi dewasa bukan sekedar perubahan fisik, dewasa itu butuh proses, kita akan banyak belajar hingga kita mengerti arti hidup yang sebenarnya.. "

1. Mengalah


Mengalah berarti bersedia mendahulukan kepentingan orang lain dari pada kepentingan diri sendiri. Orang yang mengalah menandakan bahwa ia mampu melawan egonya sendiri. Bukan hal yang mudah untuk mau mengalah, apalagi terhadap sesuatu hal yang mungkin sangat penting bagimu. Namun jika kamu bersedia mengalah dalam beberapa situasi, artinya kamu sudah dewasa.


2. Bersabar


Setiap orang memiliki batas kesabaran, namun bukanlah sabar namanya jika masih berbatas. Orang yang sabar adalah orang yang dengan tegar menghadapi segala sesuatu. Tanpa bersungut-sungut, tanpa menyalahkan siapa pun. Untuk segala sesuatu yang terjadi dalam hidupmu, jika kamu bisa menghadapinya dengan sabar, itu berarti kamu sudah dewasa.


3. Berpikir Positif


Hal yang biasa bahwa pemikiran setiap orang lebih dominan negatif. Itu menandakan bahwa sangatlah mudah mencari kesalahan orang lain. Berpikir positif tentang seseorang ataupun tentang suatu keadaan menandakan bahwa kamu tidak serta merta memandang situasi dari sisi negatif. Dan itu artinya kamu sudah cukup dewasa untuk memahami bahwa semua yang terjadi karena suatu alasan.


4. Penuh Pertimbangan


Orang yang terlebih dahulu mempertimbangan sesuatu sebelum mengambil keputusan adalah orang yang bijak. Saat kamu bisa dengan tenang berpikir dan menimbang baik buruknya sebelum memutuskan sesuatu, maka kamu sudah dewasa. Karena dengan kamu penuh pertimbangan, artinya kamu mampu menganalisa masalah untuk meminimalisir kesalahan berikutnya atau menghindari penyesalan karena salah mengambil keputusan.



5. Siap Dikritik



Setiap orang akan dengan senang hati dipuji, bahkan berharap agar selalu mendapat pujian dalam setiap tindakannya. Namun tidak semua orang siap untuk dikritik. Jika kamu mampu berbesar hati menerima kritikan, artinya kamu sudah dewasa. Orang yang siap dikritik adalah orang yang mau berkembang dan sadar akan kekurangannya sendiri. Jika kamu menerima kritikan sebagai hal yang positif maka kamu benar-benar sudah dewasa.


6. Mampu Mengendalikan Diri Sendiri


Pengendalian diri adalah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Karena musuh terbesar manusia adalah dirinya sendiri. Salah satu contohnya adalah mengendalikan amarah. Kebanyakan orang akan dengan mudah menuruti ego untuk melampiaskan amarahnya. Mungkin kamu akan merasa lega ketika kamu berhasil mengeluarkan semua emosi negatifmu, namun pada akhirnya kamu akan menyesal karena pada saat marah kamu tidak bisa mengendalikan setiap kata dan tindakan yang kamu lakukan, sehingga akan menimbulkan masalah baru. Jika kamu sudah dewasa maka kamu akan memilih untuk meredam emosi atau bahkan melampiaskan emosi dengan cara yang lebih poitif.

Contoh lainnya adalah mengendalikan keinginan. Banyak yang sulit membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Saat kamu menginginkan sesuatu kamu akan berusaha mendapatkannya meskipun kamu tahu bahwa itu bukanlah yang kamu butuhkan. Pada saat seperti ini, pengendalian diri adalah penting. Saat kamu mampu mengendalikan keinginanmu dan lebih mengutamakan kebutuhan maka itu artinya kamu sudah dewasa.


7. Bertanggung Jawab



Manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Namun bukan berarti manusia bisa dengan seenaknya berbuat salah. Jika dalam suatu keadaan kamu melakukan keasalahan, namun kamu dengan tegas mengakui kesalahan tersebut, itu artinya kamu orang yang bertanggung jawab. Orang yang dewasa adalah orang yang dengan siap bertanggung jawab atas kesalahannya sendiri.

Bertanggung jawab juga tidak hanya dilihat ketika kamu melakukan kesalahan. Ketika setiap perkataan dan tindakan yang kamu lakukan mampu kamu pertanggung jawabkan, maka kamu benar-benar sudah dewasa. 






Jika Kamu Memiliki 7 Sifat Ini, Artinya Kamu Sudah Dewasa Jika Kamu Memiliki 7 Sifat Ini, Artinya Kamu Sudah Dewasa Reviewed by slazhpardede on June 27, 2016 Rating: 5