Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit





Kartu kredit menawarkan sejuta kemudahan untuk membeli sesuatu dengan cepat. Sekali gesek, apa saja bisa kamu dapatkan. Itulah sebabnya banyak oarang yang terlena dengan kartu kredit. Sehingga tidak sadar pada saat tagihan datang, jumlahnya diluar jangkauan.

Jika saat ini kamu belum memiliki kartu kredit, maka kamu beruntung. Sangat disarankan untuk tidak memilikinya jika memang tidak perlu. Tapi jika sudah terlanjur memiliki kartu kredit, maka gunakan dengan bijak agar kamu tidak terlilit hutang. Berikut adalah tips bijak menggunakan kartu kredit versi LoveBanget.


1. Gunakan Hanya Disaat Keadaan Mendesak

Istilah " Utamakan kebutuhan daripada keinginan. " memanglah sangat tepat. Jika dengan kartu kredit kamu bisa dengan mudah membeli apa saja yang kamu inginkan, maka dengan kartu kredit juga kamu akan dengan mudah terlilit hutang. Selama masih ada uang cash, maka hindarilah pemakaian kartu kredit. Gunakan hanya disaat keadaan mendesak, setidaknya itu lebih bermanfaat.


2. Pilih Bunga Cicilan 0%
Jika kamu ingin membeli barang dengan memanfaatkan cicilan kartu kredit, maka pilihlah penawaran dengan bungan cicilan 0%. Ini akan sangat berguna untuk meminimalisir jumlah tagihan kamu setiap bulannya.


3. Manfaatkan Point Reward

Setiap kartu kredit memiliki benefit masing-masing, terutama di point rewards. Manfaatkan benefit tersebut untuk mendapatkan pembelian gratis, cashback, atau bahkan untuk bebas iuran tahunan. 


4. Jangan Pernah Melakukan Pembayaran Minimum


Sistem pembayaran minimum hanya akan meringankanmu sesaat. Apapun kondisi keuanganmu, berusahalah untuk membayar penuh tagihan kartu kreditmu, karena jika kamu melakukan pembayaran minimum, maka kamu akan terbebani dengan bunga berbunga. Jika diperhitungkan maka kamu akan lebih banyak mengeluarkan uang.


5. Hindari Penarikan Tunai

Sekali lagi, gunakan kartu kredit hanya disaat kamu memang sangat membutuhkannya. Begitu juga tentang tarik tunai, jika tidak perlu jangan sesekali melakukan transaksi tarik tunai, karena kamu akan terbebani dengan suku bunga yang cukup tinggi.


6. Jangan Pernah Menganggap Bahwa Kartu Kredit Adalah Uang Tambahan


Ingatlah, kartu kredit adalah hutang, dan hutang harus dibayar. Jadi jangan sesekali menganggap kartu kredit adalah uang tambahan.


Hindari pemakaian kartu kredit selama kamu masih bisa menggunakan uang cash. Memang mudah dan praktis, tapi akan lebih sulit jika kamu tidak bisa mengendalikan diri dan terlilit hutang karena bunga kartukredit yang tinggi. Jika memang harus menggunakannya, bijaklah.


Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Reviewed by slazhpardede on June 11, 2016 Rating: 5