8 Tips Bermanfaat Ini Cocok Untuk Kalian Para 'Mahasiswa Baru'


Menjadi Mahasiswa adalah impian hampir semua pelajar. Ada kebanggaan tersendiri ketika kamu sudah melepas seragam SMA dan kini berubah menjadi Mahasiswa. Meskipun masih tetap belajar, tetapi belajar di tingkat perkuliahan itu jauh lebih menantang dari pada SMA. Karena di perkuliahaan kamu dituntun menjadi pribadi yang dewasa dan mampu memanajemen diri sendiri.



Jika kamu adalah mahasiswa baru, berikut adalah 8 tips sukses untuk mahasiswa baru.

1. Pilihlah Jurusan / Program Studi sesuai dengan pilihan hatimu



Selamat kamu telah diterima di salah satu jurusan / program studi pilihanmu di salah satu universitas yang telah kamu pilih. Kamu sudah menyandang status mahasiswa, bukan lagi pelajar SMA. Nah, awali langkahmu di kampus ini dengan hati yang mantap, ga ragu-ragu ama jurusan / prodi and kuliah yang akan kamu tempuh bertahun-tahun nantinya. 

Kalau belum mantap alias ketrima di pilihan kedua atau bahkan ketiga dalam SNMPTNmu, kamu harus koordinasi dengan hatimu agar bisa bersabar dan berusaha sebaik mungkin untuk minimal 1 tahun di jurusan / prodi ini, sambil nunggu ujian masuk kampus tahun depan. 

Kalau juga belum mantap, coba cari lagi info sebanyak-banyaknya akan masa depan dari mahasiswa yang ambil jurusan / prodi ini. Contoh yang paling jelas, jadi mahasiswa pendidikan dokter ya tentunya kamu bisa jadi dokter, asal mengikuti prosedurnya. Trus, kamu mahasiswa teknik arsitektur, tentunya ada kemungkinan jadi arsitek. Atau mahasiswa Ilmu Komputer punya pilihan untuk jadi system analist dan bisa juga jadi programmer. Kemungkinan - kemungkinan itu banyak sekali, bisa kita buat sendiri sesuai cita-citamu. Selain itu, cek juga akreditasi dari jurusan / program studimu. Semoga bisa lebih memotivasimu, bukan malah buatmu kecewa.

2. Jangan remehkan kesehatanmu



Kesehatan juga jangan disepelekan, terutama masalah makan. Bagi mahasiswa baru yang tidak lagi hidup bersama dan berkumpul dengan keluarganya, hal ini bisa jadi masalah sepele yang tidak mengenakkan. Kita harus beli makan sendiri, atau kalau yang sempat masak ya masak makanan sendiri. Berbeda saat di rumah, tinggal makan yang telah disediakan oleh sang Ibunda. Atur pola makan dengan baik, jangan sampai di waktu-waktu awal kuliah kamu gak fit, jadinya gak konsentrasi terus bisa jadi sakit. Selain pola makan, atur juga pola istirahatmu baik itu waktu tidur malam maupun istirahat ringan. Kita harus menyadari kita ini manusia bukan robot, so perlu istirahat. Nah, memang biasanya ‘maba’ akan sangat dikuras tenaganya saat OSPEK / PKK Maba. Eits, jangan senang dulu kalau masa-masa itu sudah selesai, biasanya ada lagi tugas – tugas unik buat maba dari senior, panitia, atau dosen. O iya, bisa juga tiap hari sabtu / minggu dijadikan hari olah raga, bisa jogging mengelilingi lapangan kampus, atau main badminton dengan teman se-kost. 

3. Rencanakan Keberhasilanmu sejak dini


 
Beranikan dirimu untuk segera merencanakan arah langkahmu atau Visimu di kampus ini. Rencanakan keberhasilanmu sejak semester pertama. Sepertinya sudah dapat materi waktu ORDIK (Orientasi Pendidikan), penjelasan tentang aturan main pendidikan di kampus. Dari mulai sistem SKS, mata kuliah, penilaian, beban studi sampai menghitung IP dan IPK. Rencanakan keberhasilanmu selama kuliah, tulis aja semua. Tentukan Visi dan tujuanmu kuliah di jurusan / program studi ini sekarang ! Jangan terus menvonis diri salah jurusan / prodi, kamu ga akan merasa tenang dengan posisimu kuliah.

4. Tulis impianmu di awal semester ini dan atur strategimu


 
Tulis impianmu melalui kampus ini sejak dini dan jadikan itu menjadi target kesuksesanmu selama kuliah. Jangan jadikan semuanya itu hanya mimpi, tapi berusahalah untuk mewujudkannya dengan mengatur strategi jitu. Bagaimana itu? Jangan menyendiri aja, tapi galilah informasi dari para senior yang telah menginspirasimu untuk sukses, baik itu mahasiswa berprestasi dalam akademik, non akademik atau juga yang telah sukses dalam kehidupannya (ada yang sudah kerja, yang sudah menikah, dst).

5. Kumpul dengan komunitas yang baik dan mendukungmu


 
Penting untuk berkumpul dengan komunitas yang baik, maka kita akan ketularan baik. Bagaikan penjual minyak wangi, kalau kita berteman dengannya kita akan kecipratan wanginya. Komunitas yang baik dan mendukung itu yang bagaimana? Pastilah kamu tahu. Di dunia kampus, kamu akan menemui berbagai macam komunitas, yang terdiri dari beragam orang yang memiliki karakter yang beda. Ada yang pola hidupnya agamis, sosialis, hedonis, nasionalis, sampai-sampai ada yang anarkis. Apapun itu, seorang mahasiswa baru bagai lembaran kertas putih yang harusnya diberi tinta emas untuk menuliskan kisah perjalanan dengan baik. So, pilih komunitas yang baik dan manfaatkan itu untuk menjaga motivasi dan niat baik kamu kuliah di kampus ini. Kalau kamu gak menemukan komunitas yang menurutmu baik dan mendukung, sebagai agen of change tentunya kamu punya hak untuk mengubahnya atau dengan membuat komunitas baru yang baik.

6. Ikuti kuliah dengan baik dan coba kenali karakteristik dosen



Ikuti kuliah dengan baik, dengerin penjelasan dosen, ikuti aturan mainnya dengan cerdik. Utamanya adalah ikuti kuliah di pertemuan awal, biasanya disampaikan kontrak kuliah, peraturan hasil kesepakatan dosen – mahasiswa, dst. Umumnya mahasiswa baru yang bener-bener gress dari SMA lebih penurut daripada yang lebih senoir, coz datangnya ga telat, masuk terus ga bolos, dst. Hm, walaupun biasanya ada jatah bolos 10 -20% pertemuan kuliah, tapi jangan ada niat di awal donk mau bolos 2 pertemuan. Itu bisa digunakan saat bener-bener dibutuhkan. Dengan mengenal karakteristik dan model dosen yang mengajar, kamu bisa menyesuaikan model dan strategi belajarmu. 

7. Jangan jadi mahasiswa KuPu-KuPu


 
Ini bukan berarti mahasiswa kupu-kupu adalah mahasiswi yang suka sama kupu – kupu sampai semua aksesorisnya serba kupu-kupu. Mahasiswa KuPu-KuPu yang ini adalah mahasiswa Kuliah Pulang – Kuliah Pulang, maksudnya dalam hidupnya sebagai mahasiswa kegiatannya cuma kuliah terus pulang ke kost/kontrakan/rumah aja. Solusinya, mumpung kamu masih Mahasiswa baru pasti rasa ingin tahunya masih tinggi dan masih semangat, manfaatkan Open House UKM, event-event di kampus, kegiatan – kegiatan kemahasiswaan dengan baik. Ya, semoga ada minimal 1 kegiatan yang kamu suka, minati, inginkan dan dambakan sejak SMA. Kalau ada, ya langsung daftar aja. Ada dari kamu yang sama sekali gak tertarik dengan UKM, BEM, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan ? Tenang masih banyak pilihan di luar kampus, bisa les privatei, bisa ikut kegiatan sosial, dst. Intinya, masa mahasiswa ini adalah masa kita bisa banyak belajar untuk persiapan kembali ke masyarakat dan membangun negeri ini.

8. Memanajemen waktu dengan baik 


 
Memanajemen waktu dengan baik ini wajib buat maba. Karena berbeda dengan saat SMA, yang masuk sekolah jam 7 sampai jam 1 siang terus pulang. Jadwal kuliah biasanya ga tentu urutannya, bisa saja pagi kuliah 2 SKS, terus bolong sampe siang jam 1 baru masuk lagi. Nah kalao gak diatur dengan baik, terus kamu kemana saat jam luang tadi ? Main ke perpus, ngenet di area Wifi, atau jalan ke mall deket kampus? 

Selain atur waktu antara kuliah yang satu dengan kuliah yang lain, manajemen waktu juga kudu diterapkan saat – saat kuliah dan kegiatan di luar kuliah. Misalnya kamu ikut UKM, ada persiapan diklat minggu depan kumpul jam 3 sore, padahal kuliahmu baru mulai jam 3 juga, nah prioritaskan mana yang lebih penting ya. Atau saat di pertengahan kegiatan UKM / BEM, kamu ada kuliah, nah kudu pilih juga? Atau saat adzan Dhuhur dah berkumandang, terus 10 menit kemudian kuliah kamu akan masuk, kamu kudu pinter memilih yang mana yang didahulukan. Jangan sampe waktu yang diberikan kepada kita ini tidak dapat kita manfaatkan dengan baik.

Lain lagi, manajemen waktu juga penting untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah, persiapan kuis, UTS dan juga UAS. Jangan sampai berantakan antara kuliah, kegiatan, keinginan pulang kampung, atau hanya karena ingin maen-maen ama temen – temen. Seimbangkan semua dengan tergantung prioritas yang kamu berikan. Kamu sudah dewasa loh, sudah mahasiswa, sudah tahu mana yang manfaat dan yang kurang manfaatnya. Serta keputusan yang kamu ambil untuk mengisi waktu harus tepat. Belajar kapan bagusnya, main kapan waktu tepatnya, waktu kegiatan berorganisasi kapan optimalnya, dst.

Sumber : ruswan.id
 
8 Tips Bermanfaat Ini Cocok Untuk Kalian Para 'Mahasiswa Baru' 8 Tips Bermanfaat Ini Cocok Untuk Kalian Para 'Mahasiswa Baru' Reviewed by slazhpardede on August 11, 2016 Rating: 5