Cobalah Untuk Memahami Sebelum Menghakimi


Manusia cenderung berpikir negatif tentang sesuatu hal yang bahkan baru ia ketahui. Terkadang tanpa tahu kebenarannya, mereka sudah membuat kebenaran sendiri dengan pemikiran sendiri. Dan setelahnya mereka akan selalu membenarkan pikirannya sendiri serta mengabaikan pendapat orang lain.



Setiap orang memiliki sudut pandang masing-masing, terlepas dari itu benar ataupun tidak, setiap orang sudah pasti memiliki pendapat yang berbeda. Itulah sebabnya sebelum memutuskan sesuatu ada baiknya mendengarkan pendapat orang lain guna melihat sesuatu hal dari sudut pandang yang berbeda.

Sama halnya dengan menilai orang lain, kamu berhak memberikan penilaianmu sendiri tetapi kamu tidak berhak menghakiminya. Akan selalu ada alasan untuk setiap hal yang terjadi. Seburuk-buruknya orang ia tetap memiliki sisi baiknya. Pun demikian sebaliknya, sebaik-baiknya orang ia tetap juga memiliki sisi buruknya. Orang yang buruk tak lantas selalu buruk.

Maka dari itu, sebelum menghakimi seseorang ada baiknya untuk memahaminya terlebih dahulu. Jika hal itu sulit, maka tempatkan dirimu sebagaimana keadaannya saat ini, apakah kamu siap untuk dihakimi? Benar atau salah seseorang bukan kita yang menentukan. Jika kamu ingin menilai maka layakkan dirimu menjadi orang yang benar-benar baik agar kamu mampu menilainya dengan baik pula.

Jika seseorang salah bukan berarti juga kamu benar. Ini hanya tentang sudut pandang yang berbeda, jadi jangan berpikir setiap kesalahan seseorang berhak untuk kamu hakimi. Sekalipun ia adalah salah kamu tetap tidak memiliki hak untuk menghakiminya, kecuali kamu adalah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan.
Cobalah Untuk Memahami Sebelum Menghakimi Cobalah Untuk Memahami Sebelum Menghakimi Reviewed by slazhpardede on August 23, 2016 Rating: 5