Hindari 10 Hal Ini Jika Menginginkan Tidur Yang Berkualitas


Setiap manusia membutuhkan waktu istirahat untuk mendapatkan kembali energi yang terkuras selama melakukan aktifitas. Tidur adalah satu-satunya istirahat terbaik. Jika kamu menginginkan tidur yang berkualitas, maka sebaiknya hindari 10 hal berikut ini.



1. Berbagi tempat tidur dengan bayi
Jika kamu baru saja menjadi seorang ibu, tidur beberapa jam saja adalah hal yang sangat dibutuhkan. Meskipun tidur bersama dengan sang bayi terdengar baik, tapi hal itu dapat mendatangkan malapetaka pada kebiasaan tidurmu.

"Kebanyakan dokter anak menyarankan untuk tidak berbagi tempat tidur dengan bayi. Tidak hanya dapat mengganggu tidur, dalam beberapa kasus tidur bersama bisa berisiko kematian mendadak pada bayi," jelas Dr. Lombardo. Sebagai solusi, menaruh anak di dalam boks bayi yang terletak tidak jauh dari tempat tidur. Hal ini dapat mengatur tidur anak dan menjaga ketenangan orang tua dan sang bayi itu sendiri, menurut Dr. Lombardo.

2. Terlalu banyak bicara
Saat tidur mungkin satu-satunya waktu dengan pasangan untuk berduaan. Tapi jangan buat waktu tidur ini untuk memulai percakapan yang berat dan subjek emosional seperti keadaan hubungan atau masalah uang.

Dr. Lombardo mengungkapkan bahwa argumen dapat menyebabkan sistem saraf untuk merespon kemarahan, takut dan sedih, dan hal ini mengeluarkan energi tinggi. Setelah berargumen, biasanya kamu akan sulit sekali untuk bisa merasa tenang dan mengantuk. Sebaiknya, bicarakan masalah dengan pasangan sebelum tidur dan cari solusinya di pagi hari.

3. Menyelesaikan Pekerjaan
Membawa pekerjaan ke rumah bukanlah hal yang aneh, tapi mengerjakan pekerjaan di atas tempat tidur bisa mengacaukan sistem tidurmu. Ketika sedang mempersiapkan presentasi, pikiranmu dalam keadaan siaga tinggi. Tentu keadaan ini seharusnya tidak terjadi di tempat tidur.

4. Menonton TV agar ngantuk
Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa menonton televisi dapat mempercepat rasa ngantuk. Namun yang terjadi malah sebaliknya, kebiasaan menonton acara favorit sebelum tidur benar-benar dapat mengganggu tidur. Tontonan kekerasan, siaran berita dan tontonan cerita sebelum tidur bisa membuat gelisah. Daripada menonton TV, lebih baik kamu membaca buku karena bisa menenangkan pikiran. Dr Lombardo juga menjelaskan, "meditasi dan berdoa adalah cara bagus untuk menenangkan sistem saraf."

5. Tidur dengan Perut Kekenyangan
Menurut Dr. Gerard Lombardo, pakar kebiasaan tidur, makan berat sebelum tidur akan memicu gangguan Refluks Gastroesofagus (RGE), dimana asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan yang menyebabkan rasa mual. Hal ini jelas dapat membuat tidur tidak nyaman. Jika kamu ingin memakan camilan sebelum tidur, semangkuk sereal, roti gandum dengan selai kacang, biskuit dan keju adalah pilhan tepat.

 

6. Minum alkohol
Alkohol memang dipercaya dapat membuat seseorang tertidur lebih cepat dan mudah, namun alkohol juga dapat menurunkan kualitas tidur.

7. Makan makanan yang mengandung gula
Dark chocolate memiliki beberapa manfaat mengesankan, namun ia juga mengandung kafein, sehingga sebaiknya kamu tidak berhubungan dengan cokelat sebelum tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa makanan yang tinggi lemak jenuh dan gula akan mengganggu kualitas tidur.

8. Memeriksa sosial media
Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dan putih yang dipancarkan oleh sebuah layar akan mencegah otak untuk melepaskan melatonin, hormon yang berfungsi menyiapkan tubuh untuk tidur.

9. Makan makanan pedas
Makanan pedas dapat menyebabkan refluks asam yang timbul jika kamu terlalu cepat pergi tidur setelah memakannya. Cobalah untuk mengurangi makan makanan pedas sebelum tidur di malam hari.

10. Minum terlalu banyak air
Semua orang tahu pentingnya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, namun meminum terlalu banyak air sebelum pergi tidur, kemungkinan akan membuatmu terbangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi.

Sumber : wolipop.com / lifestyle.liputan6.com
Hindari 10 Hal Ini Jika Menginginkan Tidur Yang Berkualitas Hindari 10 Hal Ini Jika Menginginkan Tidur Yang Berkualitas Reviewed by slazhpardede on August 29, 2016 Rating: 5