Tradisi Wajib Di Hari Raya Kemerdekaan Indonesia, Kamu Harus Tahu !


Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi. Untuk setiap momen penting Ibu Pertiwi, setiap daerah biasanya memiliki tradisi. Salah satu momentum penting adalah Hari Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan setiap tahunnya di tanggal 17 Agustus. Berikut adalah tradisi 17an yang diadakan dibeberapa kota.



1. Tradisi Baritan, Malang

Tradisi ini dilaksanakan pada malam hari sebelum tanggal 17 Agustus. Tradisi ini diisi dengan sambutan dari berbagai pihak, penyampaian pesan-pesan moral perjuangan dan kemerdekaan, serta ditutup dengan barikan. Baritan adalah kegiatan makan bersama sambil duduk lesehan menghadap tumpeng yang berisi nasi dan aneka lauk sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Tuhan, kebersamaan dan nilai-nilai sosial warga, dan kesederhanaan dan tepo sliro.

2. Tradisi Tirakatan, Yogyakarta



Tradisi ini dilaksanakan setiap tanggal 16 Agustus malam. Dalam acara tersebut, dilakukan beberapa kegiatan seperti pembacaan sambutan dari Gubernur DIY, tahlilan dan doa bersama. Beberapa desa bahkan menambahkan kegiatan pembacaan mocopat. Mocopat merupakan seni pembacaan syair yang ditembangkan tanpa diiringi oleh instrumen musik, menggunakan bahasa Jawa dan biasanya bercerita tentang sejarah dan kejayaan kerajaan di Jawa.

3. Lari Obor Estafet, Semarang

Lari obor estafet  merupakan tradisi 17an yang dilakukan warga Semarang, khususnya Kelurahan Papandayan, Kecamatan Gajahmungkur, sejak 32 tahun lalu. Peserta lari merupakan atlet terbaik yang merupakan warga Kota Semarang. Tradisi ini didasari dari filosofi bahwa obor adalah simbol semangat dan sebagai simbol kita mencontoh jasa para pahlawan. Kita bisa melihat tradisi ini pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB di tanggal 17 Agustus.

4. Pertunjukan Kesenian, Sukabumi


Di Sukabumi banyak tradisi unik saat merayakan sesuatu yang dianggap cukup bermakna dan bersejarah bagi penduduk di kampung tersebut, termasuk perayaan Hari Kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus. Selain upacara dan lomba tadisional, juga ada tradisi yang dilakukan sesaat setelah selesai upacara dan sebelum berbagai macam perlombaan dimulai. Tradisi itu berupa pertunjukkan kesenian khas Sukabumi yang di dalamnya terdapat unsur komedi dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya.

5. Tradisi Telok Abang, Palembang

Palembang memiliki banyak sekali tradisi unik yang sangat asyik untuk dinikmati. Jika ingin datang ke Palembang, bisa datang para peringatan Cap Go Meh atau saat 17 Agustus. Pada peringatan HUT Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus, kita bisa melihat Festival Telok Abang dan Perahu Bidar serta Perahu Motor Hias. Telok abang adalah telur yang dicat merah yang nantinya akan ditancapkan di perahu, pesawat terbang, dan mobil-mobilan yang terbuat dari kayu atau gabus, lalu diarak keliling oleh warga.

Sumber : travelio.com

Tradisi Wajib Di Hari Raya Kemerdekaan Indonesia, Kamu Harus Tahu ! Tradisi Wajib Di Hari Raya Kemerdekaan Indonesia, Kamu Harus Tahu ! Reviewed by slazhpardede on August 17, 2016 Rating: 5