15 Hal Buruk Yang Akan Kamu Alami Ketika Kamu Menjadi Orang Yang Gengsian


Gengsi adalah harga diri yang berlebihan, terlalu membanggakan kehormatan serta ketinggian diri. Kalau menurut Mario Teguh, gengsi itu adalah kebanggaan kosong atas kelebihan yang dibiayai dengan kekurangan. Intinya gengsi adalah rasa takut akan jatuhnya harga diri. Namun rasa gengsi bukanlah hal yang harus kamu pelihara, karena akan berdampak negatif pada dirimu sendiri. Untuk beberapa hal mungkin dibutuhkan rasa gengsi, tapi tidak dalam segala hal. Inilah hal  buruk yang akan kamu terima ketika kamu menjadi orang yang gengsian.



1. Rugi karena mengabaikan peluang yang ada
"Kesempatan gak datang dua kali", itulah sebabnya ketika kamu mendapatkan kesempatan jangan ragu untuk mencoba. Tetapi jika gengsimu terlalu besar bisa jadi kamu akan rugi karena tidak memanfaatkan peluang yang ada.

2. Kerepotan dengan masalah sendiri
Ketika kamu diperhadapkan dengan masalah, namun gengsi untuk meminta bantuan orang lain. Maka siap-siaplah kerepotan dengan masalahmu sendiri. Faktanya, sehebat apapun kamu, kamu tetaplah membutuhkan bantuan orang lain.

3. Gengsi bisa bertumbuh menjadi penakut
Bisa jadi karena gengsimu yang luar biasa besarnya, kamu tumbuh menjadi seorang penakut. Karena kamu tak pernah bersedia mencoba untuk melakukan sesuatu. Entah karena kamu gengsi terlihat salah atau gengsi melakukan hal-hal yang menurutmu tidak penting, nyatanya kamu tidak pernah mencoba dan akhirnya ada ketakutan tersendiri.

4. Terkadang bisa nekat dan menghalalkan segala cara
Orang yang gengsian adalah orang yang tidak ingin dipandang rendah oleh siapa pun. Orang yang selalu ingin jadi pemenang. Rasa gengsi inilah menjadikannya mampu menghalalkan segala cara untuk melindungi rasa gengsi yang berkedok harga diri.

5. Pikiran tak bisa tenang
Rasa gengsi tidak akan pernah rela melihat keberhasilan ataupun kebahagiaan orang lain. Ia akan selalu gelisah ketika posisinya terancam atau harga dirinya sedang dipertaruhkan.

6. Berusaha menghibur diri dengan cara yang salah
Rasa gengsi yang berlebihan terkadang membuatmu sulit membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Bahkan untuk menghibur diri sendiri kamu akan melakukan dengan cara yang salah. Kamu akan membernarkannya menurut egomu sendiri.

7. Selalu merasa bersalah dan menyalahkan diri sendiri
Orang yang gengsian tak pernah jauh-jauh dari rasa bersalah. Segala hal tentang dirinya dan apa yang ingin dia lakukan akan dibatasi oleh rasa gengsinya yang sedemikian besar.



8. Cenderung menghindari semua masalah
Terkadang rasa gengsi juga mampu membuatmu menjadi seorang pengecut yang hanya bisa menghindari masalah tanpa ingin menyelesaikannya. Apalagi ketika masalah itu disebabkan oleh dirimu sendiri, rasa gengsi untuk minta maaf membuatmu lebih memilih menghindar daripada menghadapinya.

9. Tak bisa konsenstrasi
Pikiran saja tak tenang bagaimana bisa kamu konsentrasi. Kamu akan terbebani dengan banyak rasa bersalah, gelisah bahkan emosi yang tak terkendali. Kamu akan kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu hal.

10. Tak mau menerima saran teman
Rasa gengsi akan selalu membuatmu merasa benar. Kamu tidak akan pernah bisa menerima saran dari teman-temanmu meskipun apa yang mereka katakan adalah benar.

11. Suka mendramatisir diri sendiri
Hidupmu akan penuh dengan drama karena kamu lebih mengutamakan gengsimu yang besar. Kamu akan kesulitan untuk berpikir realistis karena lagi-lagi rasa gengsilah yang berkuasa.

12. Menyalahkan keadaan
Meskipun kamu merasa bersalah, kamu tidak akan pernah mampu mengaku salah. Akibatnya kamu akan selalu menyalahkan keadaan ketika kamu tidak memiliki orang lain untuk disalahkan.

13. Suka mengeluh
Orang yang gengsian cenderung suka mengeluh, karena terkadang segala sesuatu tidak sesuai dengan keinginannya. Dan ia lebih memilih mengeluhkannya daripada menerimanya.

14. Emosional meningkat
Orang yang gengsian akan lebih memilih amarah daripada bersabar. Rasa gengsi yang berkuasa membuatnya sulit untuk bersabar dengan alasan apapun.

15. Cuek tetapi cuek yang negatif
Cenderung cuek, tetapi dibelakang ia memperhatikan bahkan mencari-cari kesalahan. Ia hanya berpura-pura cuek untuk melindungi rasa gengsinya.
15 Hal Buruk Yang Akan Kamu Alami Ketika Kamu Menjadi Orang Yang Gengsian 15 Hal Buruk Yang Akan Kamu Alami Ketika Kamu Menjadi Orang Yang Gengsian Reviewed by slazhpardede on September 14, 2016 Rating: 5