Hadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan Dengan 7 Cara Ini


Lingkungan kerja memang sangat mempengarusi kinerja kita. Saat kita merasa nyaman dengan lingkungan dan rekan-rekan kerja maka kita pun akan lebih fokus bekerja. Namun apa jadinya jika salah satu diantara mereka adalah rekan kerja yang menyebalkan? Sudah pasti mempengaruhi konsentrasi dalam bekerja. Cobalah mengahadapi rekan kerja yang menyebalkan dengan 7 cara ini.



1. Dengarkan terlebih dahulu
Kadang, saat menghadapi orang yang menyebalkan, godaan untuk berpikiran buruk tentang orang tersebut sangat besar. Bahkan sebelum orang itu selesai berbicara pun kita sudah berpikiran hal yang tak baik tentangnya.

Supaya kamu tidak gegabah, amat disarankan untuk mencoba mengendalikan diri dan membuka telinga atas apa yang hendak ia katakan. Lebih lagi, dengan menyimak lebih dulu jadi kamu bisa menyiapkan isi pikiran dengan lebih obyektif. Jangan menghakimi sebelum memahami. Kesalahpahaman hanya bisa ditangkal dengan penilaian yang hati-hati.

2. Tenang dan kendalikan emosi
Hati-hati dengan emosimu. Jangan biarkan diri terpancing terlalu mudah. Membiarkan diri terbakar amarah bisa menodai reputasimu serta ketenangan pikiran. Apa pun yang terjadi, cobalah untuk menghadapi masalah dengan tenang dan merespon setelah segalanya dipikirkan masak-masak atau kala emosi mereda. Merespon tuduhan atau provokasi konfrontasi dari orang menyebalkan sebaiknya tidak dilakukan saat semua dalam keadaan emosi.


3. Ingat, kantor bukanlah tempatmu marah-marah ataupun menangis
Marah berlebihan dan tangisan bukan lokasi yang umum terjadi di kantor. Kantor adalah lokasi untuk bekerja, bukan untuk melampiaskan emosi. Tak ada orang yang mau menerima tuduhan jelek dari teman sekantor, jarang pula ada orang yang mau mengakui kesalahannya, jadi kemarahan hanya akan menciptakan lebih banyak masalah ketimbang hal baik. Meski kamu ingin mengembalikan serangan personal atau tuduhan itu kepada si dia, sebaiknya jangan terlalu membawa hal-hal tersebut terlalu personal.

4. Abaikan saja
Di beberapa keadaan metode ini bisa berhasil, namun, tak selalu. Saat si pembuat onar itu merasa kamu tak menunjukkan reaksi terhadap "gigitan" maupun provokasinya, ia mungkin akan berhenti. Tetapi bila kebiasaannya yang menyakiti itu terus berlangsung dan tidak diadukan kepada pihak yang berwenang, ada kemungkinan ia akan mencari "korban" baru.


5. Bicarakan pada atasan
Saat ada orang-orang yang berusaha merusak mood kamu di kantor, hingga kamu merasa kesulitan berfokus dalam pekerjaan karena interupsi negatif dan tekanan mental darinya, sebaiknya mulai bicara dengan seseorang. Bila bicara dengan orang yang bersangkutan tidak menunjukkan hasil memuaskan, coba bicara dengan atasan secara fair dan pastikan atasan itu bisa mengerti. Coba minta saran dari orang yang kamu percaya. Namun upayakan untuk tidak menjelekkan rekan kerja kepada bos.

6. Rekam setiap insiden
Buat rekaman atau catatan mengenai betapa rekan kerja ini sudah memengaruhi kerja atau produktivitas. Hal ini mungkin bisa membantu untuk menguatkanmu seandainya ia mulai menaruh tuduhan atau menjelekkanmu di mata atasan karena produktivitas menurun.


7. Jangan pernah menulis email saat kesal
Kata-kata yang tertulis bisa tersimpan dan akan kembali kepada kamu ketika ada kejadian tak menyenangkan yang menekanmu. Ambil waktu untuk merespon, menganalisa tuduhan, setidaknya selama satu jam untuk menstabilkan pikiran. Artikulasi dan penjelasan akan lebih baik saat pikiran dalam keadaan tenang.

Sumber : beritasatu.com
Hadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan Dengan 7 Cara Ini Hadapi Rekan Kerja Yang Menyebalkan Dengan 7 Cara Ini Reviewed by slazhpardede on September 23, 2016 Rating: 5