Inilah 8 Hal Baik Yang Akan Kamu Alami Jika Kamu Menjadi Anak Rantau


Merantau bukan hanya sekedar jauh dari keluarga, tetapi juga jauh dari kenyamanan dan menciptakan kenyamananmu sendiri. Tak ada pilihan lain selain tegas pada diri sendiri bahwa kamu bisa menjadi seseorang yang kuat dan mampu bertahan meskipun tidak lagi dalam pengawasan orang tua. Dan tentang uang, hanya kamu yang mampu mengendalikannya. Jika kamu merantau, maka kamu akan mengalami 8 hal baik berikut ini.



1. Selalu siap menghadapi resiko

Salah satu pelajaran yang bisa kamu ambil di tanah rantau adalah terbiasa dengan resiko. Kamu mungkin akan banyak menghadapi masalah dengan berbagai macam resiko yang menuntutmu untuk berpikir cepat dan tepat. Disini kamu hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Resiko yang kamu ambil akan menjadi tanggungjawabmu hingga akhir.

2. Melatih diri untuk beradaptasi dengan mudah

Ketika kamu mulai menginjakkan kaki di tanah asing yang tak kamu ketahui, kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam kebudayaan dan latar belakang yang jauh berbeda denganmu. Disini kamu membutuhkan skill khusus agar dapat beradaptasi dengan mudah. Memang sulit awalnya berbaur dengan orang asing yang berbeda latar belakang. Namun kamu akan mulai terbiasa hingga adaptasi bukan menjadi hal yang menyusahkan untukmu, percayalah.

3. Merindukan kampung halaman membuatmu cinta kampuang nan jatuh dimato

Merantau ke tanah orang membuatmu rindu setengah mati pada kampung halaman. Kamu mungkin mulai berpikir

“Tak seperti di Medan, susah cari mie gomak disini. Medan memang terbaiklah...”

Di mulai dari rindu yang kian membesar akan menumbuhkan rasa cinta. Kamu akan sadar, tak ada yang lebih baik dari kampung halaman dimana kamu dilahirkan.

4. Mulai belajar me-managed diri sendiri

Kamu yang sudah terbiasa melakukan segala sesuatunya sendiri, aku akui kamu hebat. Jauh dari orang tua terbukti bisa membuatmu lebih berkembang. Lambat laun kamu bisa menjadi manajer yang baik untuk dirimu sendiri. Kamu terbiasa mengatur uang, waktu, dan hal lainnya sendirian. Dengan begitu, apa yang tak bisa dilakukan oleh seorang perantau?

5. Tantangan? Sudah biasa....

Wahai kamu yang datang dari lingkungan lembut menuju lingkungan dengan kehidupan keras, sudah berapa banyak rintangan yang kamu lalui hari ini? Seperti tak ada habisnya, rintangan dan tantangan mungkin sudah seperti makanan sehari-hari bagimu. Namun, semakin banyak rintangan dan tantangan yang kamu lalui, kamu akan menjadi pribadi yang lebih kuat. Sampai suatu saat kamu akan berpikir, hidup tak asik kalau tak ada tantangan. Yah, lambat laut kamu akan menyukai setiap tantangan yang menghampirimu.

6. Bagaimanapun keadaanmu kamu pasti bisa bertahan hidup

Tak bisa dirasakan oleh yang tinggal dengan orang tua, aku yakin, kamu ahli dalam hal ini wahai perantau. Jarak yang memisahkanmu dengan orang tuamu akan membuatmu lebih paham bagaimana caranya bertahan hidup. Menyerah tak ada dalam kamusmu. Kamu bisa melakukan apapun agar bisa bertahan hidup, setidaknya untukmu makan hari ini. Memang jalanmu akan penuh dengan banyak rintangan dan kamu membutuhkan ekstra perjuangan. Namun, hal ini akan terbayar. Kamu akan menjadi seorang yang ahli bertahan hidup, dimanapun kamu berada kelak.

7. Keadaan melatih diri untuk bertanggungjawab

Taukah? Ketika orang tuamu menjawab “Ya, merantaulah” terselip rasa percaya mereka kepadamu. Keyakinan mereka kalau kamu bisa bertanggung jawab untuk dirimu sendiri yang utama. Kepercayaan yang mereka berikan tentulah tak boleh kamu sia-siakan. Kamu yang merantau untuk pendidikan, selesaikanlah pendidikanmu dengan baik. Untuk kamu yang bekerja, bertanggungjawablah pada apa yang kamu kerjakan. Lebih dari itu, tanggung jawab terbesar seorang perantau adalah menjaga kepercayaan yang diberikan kepadamu.

8. Kamu akan menjadi manusia yang mandiri

Kamu yang disana, apa rasanya jauh dari orang tua? Sepi tak satu-satunya, yang tadinya kamu bisa melakukan sesuatu bersama orang tua, kini kamu harus melakukannya sendirian. Tak perlu sedih, dengan terbiasa begitu kamu akan menjadi orang yang mandiri. Tak ada yang bisa kamu andalkan di tanah rantau kecuali dirimu sendiri. Hanya dengan melatih diri menjadi mandiri, kamu akan bisa bertahan walaupun hidup ratusan hingga ribuan kilometer dari rumah.

Sumber : inovasee.com
Inilah 8 Hal Baik Yang Akan Kamu Alami Jika Kamu Menjadi Anak Rantau Inilah 8 Hal Baik Yang Akan Kamu Alami Jika Kamu Menjadi Anak Rantau Reviewed by slazhpardede on October 08, 2016 Rating: 5