Jika 16 Ciri-Ciri Sahabat Sejati Ini Ada Pada Sahabatmu, Maka Kamu Beruntung!


Persahabatan sama pentingnya dengan pacaran, karena keduanya bisa menjadi bagian dari keluargamu. Tapi tidak semua teman bisa dijadikan sahabat. Tak sedikit orang yang terjebak dengan 'musuh dalam selimut', berkedok teman tetapi pada kenyataannya ia menikammu dari belakang. Dan banyak pula yang menjadi teman hanya disaat dia membutuhkan bantuanmu. Jadi hati-hatilah dalam memilih siapa yang pantas menjadi sahabat sejatimu.


Jika 16 ciri-ciri sahabat sejati ini ada pada sahabatmu, maka kamu orang yang beruntung karena telah menemukan sejatinya sebuah persahabatan.

1. Pasti sudah akrab dengan keluargamu


Persahabatan yang baik adalah persahabatan yang melibatkan keluarga. Artinya kalian sudah saling akrab dengan keluarga masing-masing. Bahkan tak jarang ketika kamu bersama keluarganya kamu tidak merasa asing atau sudah seperti keluarga sendiri, pun sebaliknya sahabatmu dengan keluargamu.

2. Tak pernah melupakan hari-hari pentingmu


Bukan hanya pacar yang mengingat hari-hari penting dalam hidupmu, sahabat sejati sudah pasti hapak kapan ulang tahunmu atau bahkan ulang tahun orang tuamu. Disitulah salah satu keistimewaan sahabat, sudah seperti keluarga sendiri.

3. Mampu menerima apa adanya dirimu


Jika bersama pacar kamu masih harus jaim, enaknya nya dengan sahabat kamu bisa benar-benar menjadi dirimu sendiri. Tak ada hal yang perlu kamu sembunyikan atau tak perlu merasa malu jika sudah bersama sahabat, karena dia menerimamu apa adanya.

4. Menularkan kebiasaan baik


Percaya atau tidak sesama sahabat pasti sering saling menyamakan, entah itu barang-barang pribadi ataupun kebiasaan. Sahabat sejati akan selalu berperan sebagai sarana penular kebiasaan-kebiasaan baik. Meskipun ia tak keberatan dengan segala kebiasaan buruk, tetap saja dia akan berusaha membawamu ke arah yang lebih baik.

5. Tidak akan pernah menjerumuskanmu ke hal-hal negatif


Sahabat sejati terkadang berperan seperti seorang ayah yang melindungimu dari hal-hal yang negatif. Ia tidak akan pernah membiarkanmu terjerumus ke dalam sarang masalah. Sebisa mungkin ia akan melindungimu.

6. Menjadi penasehat pribadi


Bukan sahabat sejati namanya jika tidak mengingatkanmu ketika salah. Ia akan senantiasa menjadi penasehat pribadimu yang kapan saja akan mengingatkanmu. Jadi beruntunglah jika sahabatmu marah karena kamu sedang dijalan yang salah. Karena hal itu menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang sangat ia pedulikan.

7. Jadi pendengar yang baik


Tempat curhat yang paling nyaman sudah pasti sahabat. Kamu tak perlu takut dihakimi dengan curhatanmu, ia hanya akan menjadi pendengar yang baik dan meberimu saran jika memang dibutuhkan. Kamu bisa mencurahkan segala isi hatimu kepada sahabat, tanpa perlu menyimpannya dan akhirnya menyesakkan diri sendiri.

8. Sudah paham betul bagaimana sifat dan karaktermu


Sahabat sejati bukanlah orang yang baru saja mengenalmu, tetapi dia yang sudah memahamimu. Dia tahu bagaimana harus menghadapimu ketika marah ataupun sedih. Kamu tak perlu khawatir karena dia menerima kamu apa adanya, kamu bisa menjadi dirimu sendiri.

9. Mampu bertoleransi dan tidak egois


Sahabat sejati adalah dia yang tidak hanya mengutamakan kepentingan pribadinya tetapi juga kepentinganmu. Dia akan mampu bertoleransi dan menahan ego ketika kamu memang lebih membutuhkan sesuatu.

10. Siap menerima kritikan


Namanya juga manusia, tidak ada yang sempurna. Akan selalu melakukan kesalahan, itulah manusia. Demikian juga sahabatmu, namun ia tidak akan tersinggung jika kamu mengkritiknya. Ia akan dengan siap mendengar kritikan dan mempertimbangkan saran darimu.

11. Menerima dan memberi (Take & Give)


Seorang sahabat sejati tidak hanya akan menerima segalanya darimu, ia juga akan memberi. Take and give juga berlaku dalam persahabatan, bukan hanya dalam pacaran. Bahkan sahabat akan selalu berusaha memberi dan memberi yang terbaik untukmu.

12. Melakukan segala sesuatu dengan tulus


Tidak untuk dipandang baik atau mengharapkan sesuatu, sahabat sejati akan selalu tulus melakukan segala hal untukmu. Dia tidak akan berpikir panjang ketika kamu membutuhkan bantuannya. Dan mungkin dia bahkan tahu kapan kamu membutuhkannya tanpa harus memintanya.

13. Peka dengan segala hal yang kamu alami


Sahabat sejati terkadang melebihi pacar, ia memiliki tingkat kepekaan yang tinggi terhadap sahabatnya. Dia tahu jika kamu sedang sedih, bahagia, down ataupun marah. Dia memahamimu dengan baik.

14. Bisa menjaga rahasia


Sahabat sejati tidak akan pernah mempermalukan sahabatnya dengan membeberkan rahasianya. Karena keburukanmu juga akan menjadi keburukannya. Dia adalah satu-satunya orang yang bisa kamu percaya untuk menyimpan semua rahasiamu.

15. Selalu ada saat susah maupun senang


Sahabat sejati bukanlah dia yang hanya mendatangimu saat dia kesusahan dan membutuhkan bantuanmu. Tetapi dia yang kapan saja ada bersamamu. Dalam susah maupun senang, sahabat sejati akan selalu ada disisimu.

16. Menjadi supporter sejati


Orang yang pertama dan selalu memberimu semangat adalah sahabat sejati. Dia tidak akan pernah membiarkanmu down dalam situasi-situasi yang sulit. Sahabat sejati adalah dia yang bisa menjadi supporter sejatimu.
Jika 16 Ciri-Ciri Sahabat Sejati Ini Ada Pada Sahabatmu, Maka Kamu Beruntung! Jika 16 Ciri-Ciri Sahabat Sejati Ini Ada Pada Sahabatmu, Maka Kamu Beruntung! Reviewed by slazhpardede on October 06, 2016 Rating: 5