Inilah 5 Alasan Kenapa Orang Tua Tidak Merestui Hubunganmu Dengan Pacar


Orang tua selalu memiliki andil dalam kehidupan anak-anaknya, tak terlepas tentang kisah cinta yang sang anak. Terkadang menjadi dewasa bukanlah alasan untuk bisa memutuskan segala hal tentang hidupmu sendiri, termasuk tentang pernikahanmu. Ada tahap yang wajib kamu lewati sebelum akhirnya memutuskan akan bersanding di pelaminan, yaitu restu orang tua.
Gambar : The Heirs

Hal ini bukanlah muda, mengingat orang tua memiliki kriteria dan pemikiran khusus tentang hidup berumah tangga. Terlepas dari pilihanmu yang terbaik, tanpa restu orang tua tidaklah mudah menjalani kehidupan pernikahan. Sebagian pasangan memang memilih nekat menentang dan tetap melanjutkan hubungan, sebagiannya lagi memilih berusaha dan menunggu hingga mereka mendapatkan restu dari orang tua tercinta. Namun tak sedikit dari mereka menyerah dan memilih untuk mengakhiri hubungan.

Lalu apa saja yang menjadi alasan dibalik penolakan orang tua terhadap hubungan sang anak? Berikut ulasannya.

1. Dia tidak memiliki pekerjaan tetap untuk menjamin masa depan anaknya
Gambar : Cinderella And Four Knights
Hal ini biasanya berlaku pada orang tua wanita. Tidak ada orang tua yang ingin menyaksikan kesusahan putri tercintanya. Bukan tentang harta yang kamu miliki, tetapi lebih kepada pekerjaan apa yang kamu miliki saat ini. Apakah pekerjaan tersebut mampu menjamin masa depan anaknya dalam tingkat yang cukup. Karena kehidupan pernikahan bukan hanya tentang cinta tetapi juga tentang materi. 

Namun tak sedikit hal ini juga menjadi alasan bagi orang tua dari pihak lelaki, jika putranya adalah sosok pria sukses yang memiliki jabatan dan finansial yang cukup baik, terkadang orang tua juga menuntut sang calon istri juga memiliki pekerjaan yang bisa dikatakan baik. Mungkin hal ini lebih kepada status sosial atau gengsi sang orang tua.

2. Tingkat pendidikan yang rendah

Gambar : The Heirs
Tidak berbeda jauh dengan alasan pekerjaan, ternyata tingkat pendidikan juga sangat berpengaruh bagi orang tua. Untuk pria, hal ini sudah pasti mempengaruhi jenis pekerjaan dan penghasilannya. Sedangkan untuk wanita lebih kepada pengalaman ataupun pola pikir yang ia miliki. Karena pernikahan bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Akan banyak lika-liku yang dihadapi, itulah sebabnya hal ini menjadi salah satu pertimbangan orang tua. Terlebih ketika mereka sudah memiliki cucu, sudah pasti mereka menginginkan menantu yang mampu mendidik cucunya dengan baik.

3. Dia adalah seorang janda / duda
Gambar : Lie To Me
Bukan hal yang mudah untuk memperkenalkan seorang janda ataupun duda sebagai pilihan kepada orang tua, sudah pasti mereka akan menentang. Status tersebut masih jadi momok yang kurang baik bagi masyarakat, apalagi janda atau duda yang sudah memiliki anak. Akan lebih sulit untuk meyakinkan orang tua untuk menerimanya. Mungkin sebagian orang tua dengan pemikiran modern akan merestui, tetapi tetap saja dengan pertimbangan yang cukup berat.

4. Latar belakang keluarga yang kurang baik
Gambar : Boys Over Flower
Orang tua bukan hanya akan menilai tentang dirinya, tetapi juga tentang kelurganya. Latar belakang keluarga yang hancur tidak akan menjadi pilihan yang baik menurut mereka. Apalagi jika mereka menganut paham yang masih kuat. Terlepas dari kekasihmu adalah pribadi yang baik, tetapi saja kamu harus lebih meyakinkan orang tua tentang hal tersebut.

5. Penampilan dan tingkah laku
Gambar : Marriage Not Dating
Hal ini biasanya terjadi ketika kamu sudah memperkenalkan sang kekasih kepada orang tua. Kesan pertama itu sangat menentukan apakah orang tua akan menyukainya atau tidak. Itulah sebabnya penampilan dan tingkah laku adalah penilaian utama bagi mereka. Jika Orang tua melihat penampilan dan perilaku yang kurang sopan, maka orang tua akan sangat tegas menolaknya. Terkesan tidak adil memang, tetapi begitulah realitanya. Orang tua memiliki standar tersendiri tentang hal tersebut.

Inilah 5 Alasan Kenapa Orang Tua Tidak Merestui Hubunganmu Dengan Pacar Inilah 5 Alasan Kenapa Orang Tua Tidak Merestui Hubunganmu Dengan Pacar Reviewed by slazhpardede on November 15, 2016 Rating: 5