Air Terjun Siparis, Surga Tersembunyi Sumatra Utara.



Air Terjun Siparis merupakan salah satu wisata alam tersembunyi Sumatra Utara. Air Terjun Siparis ini masih belum banyak orang yang tahu tentang keberadaaannya. Padahal pemandangan Air Terjun Siparis sangat mempesona. Dan mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung ketempat wisata alam yang satu ini.  Memang kalau kita berbicara alam sumatra itu gak akan pernah ada abisnya. Sangat banyak tempat-tempat wisata baru yang dapat kamu explore.

Nah untuk bisa sampai ke Air Terjun Siparis kamu bisa melewati rute Medan – Tanjung Morawa – Galang – Bangun Purba – Silandak – Gunung Meriah. Air Terjun Siparis ini terletak di desa Gunung Meriah kabupaten Simalungun. Dari Medan untuk bisa sampai ke Air Terjun Siparis ini hanya memakan waktu 5 jam. Untuk bisa sampai ke Air Terjun Siparis kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil atau sepeda motor. 

Tapi sebaiknya kamu menggunakan sepeda motor saja, karena jalanan untuk bisa sampai ke Air Terjun Siparis ini tidak terlalu besar. Jadi akan lebih mudah kalau menggunakan sepeda motor. Untuk bisa sampai ke Air Terjun Siparis kamu akan melewati Wisata Tinggi Raja atau Kawah Putih. Dari kawasan Wisata Tinggi Raja, kamu harus berjalan lurus agar bisa sampai ke Air Terjun Siparis. Ini akan memakan waktu sekitar 1 jam. Akses jalan untuk menuju air terjun ini cukup bagus. Tapi kamu tetap harus hati-hati, karena disisi kanan terdapat jurang.

Nah kalau misalnya kamu udah sampai di Desa Gunung Meriah, maka akan terdapat sebuah jembatan dan pemukinan. Disitu kamu bisa menitipkan kendaraan kamu. Apabila kamu tidak membawa pemandu maka kamu bisa meminta jasa pemandu dari warga setempat.

Proses sampai di Air Terjun Siparis ini memang cukup lama. Di perjalanan saja kamu memerlukan waktu 3 jam. Kemudian berjalan kaki untuk bisa sampai ke Air Terjun Siparis, memakan waktu 2 jam. Jadi untuk bisa menikmati keindahan Air Terjun Siparis kamu harus memerlukan tenaga ekstra. Tapi pada saat tracking kamu tidak akan jenuh. Karena akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat indah. Belum sampai di Air Terjun Siparis aja kamu udah mendapatkan pemandangan yang indah, apalagi kalau udah sampai? Kebayang gak sih?

Sesampai di Air Terjun Siparis kamu akan disuguhi oleh pemandangan yang sangat indah. Dan kamu akan disambut dengan segarnya udara alam yang masih sangat alami. Untuk bisa turun ke air terjun kamu harus membawa tali dengan panjang 5 meter. Hal ini dikarenakan medan Air Terjun Siparis ini, sangat terjal dan licin. Kalau tidak menggunakan tali bisa sangat berbahaya.

Satu lagi, sebaiknya kalau mau mengunjungi Air Terjun Siparis ini kamu harus membawa jasa pemandu. Karena medan Air Terjun Siparis ini sangat berkelok dan terjal, jadi akan membutuhkan orang yang sudah berpengalaman dan yang sudah mengetahui medan Air Terjun Siparis. Jika kamu nggak membawa jasa pemandu maka, akan berbahaya, bisa jadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nah inilah sedikit info tentang Air Terjun Siparis, semoga info ini bisa bermanfaat buat kamu!


Air Terjun Siparis, Surga Tersembunyi Sumatra Utara. Air Terjun Siparis, Surga Tersembunyi Sumatra Utara. Reviewed by Ade Ramadanti on January 19, 2017 Rating: 5