Bukit Sipolha, Surga Tersembunyi Sumatra Utara.


Kali ini kita akan membahas keindahan Bukit Sipolha salah satu surga tersembunyi yang berada di kawasan Danau Toba. Sipolha merupakan sebuah nama Kelurahan yang berada di pinggiran Danau Toba dangan panorama bukit-bukit hijau yang sangat indah dan tentunya di tambah lagi pesona Danau Toba yang mempesona.

Nah ini dia rute yang harus kita lalui dari Kota
 Medan menuju Bukit Sipolha. Kita mulai dari Kota Medan – Tebing Tinggi – Siantar – Prapat. Bukit Sipolha terletak di Kelurahan Sipolha tepatnya berada di Desa Beringin. Perjalanan dari Medan untuk sampai ke Bukit Sipolha ini cukup lama, kurang lebih sekitar 5 jam.

Setelah sampai di Prapat jalan yangg harus kamu lalui untuk bisa mencapai ke Desa Beringin sangatlah indah. Kita akan melewati perbukitan yang hijau di sebelah kanan jalan. Sedangkan di sebelah kiri, kita akan melihat keindahan Danau Toba. Setalah melewati perbukitan kita akan menjumpai sebuah bangunan berbentuk ikan emas. Bangunan ini dulunya merupakan sebuah restoran.


Tidak terlalu jauh dari bangunan ikan mas tersebut, kamu akan menemukan persimpangan, kemudian kamu berbelok ke arah kiri, selanjutnya kamu akan melalui sevuah jalan yang agak curam dan menurun. Kondisi jalan tersebut  tidak terlalu bagus. Jalannya tidak beraspal dan hanya terdiri dari batu kerikil dan batu cadas. Setelah berjalan sekitar 5 menit kamu akan melewati sebuah gereja. Tidak Jauh dari Gereja tersebut maka kamu akan menjumpai lokasi parkiran warga. Parkiran yang seadanya tanpa atap pelindung, tapi tidak perlu khawatir, karena si penjaga parkir tetap ada dan selalu setia menjaga kendaraan kamu di lokasi parkiran tersebut. Biaya parkir ditempat ini juga sangat murah, untuk sepeda motor akan dikenakan biaya  Rp 2000. Agar kamu bisa memasuki dan melihat panorama Bukit Sipolha kamu tidak di kenakan biaya apa pun, alias gratis.

Dari lokasi parkiran kamu harus berjalan kaki sekitar 5 menit, agar mencapai ke atas puncak Bukit Sipolha. Dari atas Bukit Sipolha ini kamu bisa melihat pesona indahnya Danau Toba dengan air yang biru. Lebih indahnya lagi, kamu juga bisa melihat sebuah pulau kecil di Danau Toba yang berjarak 200 m dari Bukit Sipolha. Pulau tersebut bernama Pulau Hole, untuk menuju ke pulau ini kamu harus menggunakan kapal penyeberangan. Dengan biaya 10 ribu/orang. Permukaan bukit di Pulau Hole yang datar sering digunakan sebagai area camping bagi para pecinta alam. Yang mau menikmati indahnya Danau Toba dari pulau tersebut.

Nah inilah sedikit info, tentang Bukit Sipolha. Sungguh indah ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa, panorama perbukitan yang menawan dan pesona Danau Toba, seakan-akan menunjukan kebesaran Tuhan. Tiada henti kita harus terus bersyukur. Dan menjaga titipan Nya dengan baik, agar anak cucu kita kelak juga dapat melihat betapa indah ciptaan Nya. Jadi buat kamu, yang berkunjung ke tempat ini, jangan mengkotori tempat ini ya! Ingat kode etik pencinta alam " Not taking nothing but Pictures, Do not leave nothing but footprints, and do not kill nothing but time "  artinya "Jangan mengambil apapun kecuali gambar, Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak kaki, dan jangan membunuh apapun kecuali waktu". Meskipun kamu bukan pencinta alam tapi, kamu juga harus menerapkan ini, pada saat kamu traveling kemana pun kamu pergi. Jangan sekali-kali merusak keindahan alam kita! Semoga Info ini bisa bermanfaat ya buat kamu.


Bukit Sipolha, Surga Tersembunyi Sumatra Utara. Bukit Sipolha, Surga Tersembunyi Sumatra Utara. Reviewed by Ade Ramadanti on January 22, 2017 Rating: 5