How to Boost Self Confidence?




Seringkali ketika hendak melakukan sesuatu, kita merasa tidak percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Wajar sih, kalau hal tersebut baru pertama kali dilakukan. Jadi kita belum bisa mengukur seberapa jauh kemampuan yang dimiliki. Tapi bagaimana bila terus menerus merasa tidak percaya diri? Well, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri!

Manage our inner critic
Mengkritik diri sendiri agar bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik di masa depan, boleh kok sesekali dilakukan. Tapi jangan terlalu sering ya! Karena ternyata, terlalu sering mengkritik diri sendiri bisa membuat kepercayaan diri menurun. Kenapa? Karena kita menjadi terbiasa untuk melihat keburukan dari hal yang sudah dilakukan, dan lupa kalau sudah berjuang sebaik mungkin untuk mencapainya. Remember to give ourselves credit.

Aim for effort rather than perfection
Siapa sih yang engga mau mencapai sesuatu dengan sebaik mungkin? Tapi saat sedang berusaha mencapainya, kita seringkali berfokus pada 'kesempurnaan' dan kurang menghargai upaya yang sudah dilakukan. Kurangnya apresiasi terhadap diri sendiri juga bisa menurunkan kepercayaan diri kita. Karena ketika kesempurnaan tidak tercapai, kita merasa telah gagal. Remember that being imperfect is a part of being human.

View mistakes as learning opportunities
Kesalahan yang kita buat saat hendak mencapai sesuatu, tidak selalu berdampak negatif loh! Dengan adanya kesalahan, kita jadi tau hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki di masa mendatang. Kesalahan merupakan kesempatan untuk belajar dan memperkaya pengalaman kita. Jadi mulai sekarang, mari ubah cara pandang dalam melihat kesalahan yang diperbuat.

Remind ourselves that everyone excels at different things
"Kok dia jago banget sih bicara di depan umum?"
"Wow, suaranya bagus!"
Ketika melihat orang lain memiliki kemampuan yang lebih baik daripada kita, seringkali kita merasa inferior. Padahal, kita juga punya kemampuan yang lebih baik dari mereka. Ingatlah kalau setiap orang memiliki bidang kemampuannya masing-masing. Bisa saja taste kita dalam bidang sastra atau seni lebih baik daripada mereka, kan?

Accept compliments
Terakhir, ketika ada orang lain yang memuji kemampuan kita, terimalah pujiannya dengan sepenuh hati. Pujian dari lingkungan akan semakin memperkuat keyakinan diri bahwa kita memang memiliki kemampuan yang baik. In the end, we're all craving for compliments from other people, right?


How to Boost Self Confidence? How to Boost Self Confidence? Reviewed by Arrundina Puspita Dewi on January 22, 2017 Rating: 5