Pacar Ideal, Seperti Apa Sih?


Seperti apa ya pacar yang ideal itu?Yang ganteng/cantik? Tinggi? Baik hati? Romantis?

Hmm… Tak perlu bingung! Firestone (2013) menyebutkan beberapa karakteristik pacar ideal yang dapat kamu jadikan pedoman dalam memilih pasangan hidup. Apa saja?




Maturity
Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih pasangan adalah kemampuannya dalam merefleksikan pengalaman masa lalu dan menjadikan pengalaman itu sebagai pelajaran untuk menjadi pribadi yang lebih dewasa. Kamu perlu tahu bagaimana cara ia berpikir dalam menghadapi permasalahan. Dengan tahu ‘kacamata’ yang ia pakai, kamu pun bisa lebih memahami perilakunya. Hal ini bisa kamu lakukan dengan bertanya pengalamannya, pendapatnya mengenai suatu isu yang sedang hangat dibicarakan, atau dengan mengobservasi langsung tingkah lakunya ketika sedang menghadapi suatu persoalan. Nantinya, kedewasaan cara berpikir ini menjadi salah satu modal penting untuk menjaga hubungan kalian agar tetap sehat.

Openness
Pastinya senang dong punya pasangan yang dapat terbuka dan peka terhadap keadaan kamu. Namun, untuk bisa memiliki pasangan yang seperti ini, kamu juga perlu membuka diri dan rajin berkomunikasi dengan pasangan. Dengan sering berkomunikasi, pasangan akan lebih memahami kebutuhanmu. Ingat bahwa ia tidak diberi ‘perangkat’ untuk bisa memahami kamu dengan segera. Kemampuan untuk menerjemahkan sinyal yang kamu berikan merupakan hasil pembelajaran karena kalian sering berkomunikasi satu sama lain. Jangan berharap deh pasangan akan langsung tahu kalau kamu ingin makan sesuatu tanpa menyampaikannya langsung. Jadi bersabarlah dan rajin membuka diri ya agar dia semakin mengerti kamu. Ingat selalu bahwa komunikasi dan keterbukaan akan membuat kalian semakin mengerti satu sama lain, tanpa perlu banyak menjelaskan.

Honesty and integrity
Pasangan yang memahami pentingnya kejujuran dalam menjalin hubungan, dan memiliki integritas dalam menjalani hidup merupakan pasangan yang ideal. Kejujuran merupakan modal untuk membangun komitmen bersama orang lain. Menemukan pasangan yang menjunjung tinggi kejujuran, akan membuat kamu percaya padanya dan tidak merasa insecure bahwa sewaktu-waktu dia akan meninggalkanmu tanpa alasan.

Respect and independence
Pasangan yang menghargai pendapat dan mendukung tujuan hidup satu sama lain. Memiliki pasangan yang mampu menghargai pendapatmu dan tidak mengekang bahwa kamu harus selalu mengikuti kemauannya adalah karakteristik pasangan ideal berikutnya. Pasangan yang memberi kebebasan untuk berpendapat dan menghargai ucapanmu, tentunya akan sangat asik untuk diajak berdiskusi! Selama menjalin hubungan dengannya, wawasan kamu pun akan semakin luas karena kalian rajin berdiskusi dan saling bertukar pikiran untuk melihat suatu permasalahan dari sudut pandang masing-masing.

Empathy
Pasangan yang mampu saling memahami satu sama lain. Memiliki pasangan yang memiliki kemampuan untuk melihat suatu keadaan seperti cara kamu memandangnya, tentu akan menjadi sangat menyenangkan. Ia akan mengerti perasaanmu di berbagai kondisi yang sedang dialami. Jika ingin mendapatkan pasangan ideal seperti ini, kamu juga perlu melakukan usaha yang sama sepertinya ya!

Affection
Terakhir, tentunya kamu ingin memiliki pasangan yang mampu menunjukkan rasa sayangnya terhadap kamu secara fisik, emosi dan verbal. Siapa sih yang tidak senang ketika pasangan menggenggam tanganmu sambil berbisik “I love you”?



Pacar Ideal, Seperti Apa Sih? Pacar Ideal, Seperti Apa Sih? Reviewed by Arrundina Puspita Dewi on January 25, 2017 Rating: 5