Sarapan Pagi, Mengapa Penting?



Sarapan adalah makan yang dilakukan di pagi hari pada pukul 6-10 pagi, dan idealnya dilakukan sebelum melakukan aktivitas. Sarapan sering disepelekan hanya karena alasan tidak sempat, bangun terlambat dan sebagainya. Padahal, sarapan justru merupakan jadwal makan yang paling penting.




Apa resikonya tidak mengkonsumsi sarapan?

Saat tidak sarapan, gula darah di pagi hari (pukul 6-7 pagi) akan turun drastis di bawah normal. Sehingga kamu akan merasa kelaparan dan terjadi penurunan tingkat energi. Kamu pun akan tergiur untuk mengkonsumsi karbohidrat pada pukul 9-11 siang, akibatnya level gula darah akan naik drastis, dan pada pukul 12-13, saat makan siang, gula darah kamu akan semakin naik. Umumnya pada pukul 3-4 sore, kamu mulai merasa mengantuk karena tubuh mengalami kelelahan kerja, dan pada saat itu gula darah akan kembali menurun. Siklus ini terus berulang sehingga pada malam hari kadar gula darah justru akan menurun. Kamu akan mudah terbangun di malam hari karena merasa lapar atau  bermimpi/tidur tidak nyenyak. Hal ini merupakan salah satu tanda menurunnya tingkat metabolisme tubuh.


Harvard Men's Health menyatakan bahwa mereka yang tidak sarapan pagi, memiliki resiko obesitas 4x lipat lebih besar daripada mereka yang sarapan pagi, meskipun dengan menu yang kurang tepat.



Manfaat Sarapan

Sarapan adalah modal dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, makanan yang dikonsumsi saat sarapan haruslah berkualitas. Karbohidrat, protein dan serat sebaiknya selalu ada dalam sarapan.

Menu sarapan sehat dapat membantu menurunkan berat badan, resiko diabetes, maag, kolesterol, penyakit jantung dan stroke. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rutin sarapan pagi yang tepat, memiliki berat badan yang lebih ideal daripada mereka yang melewatkan menu sarapan pagi.

Sarapan sehat di pagi hari memberi kekuatan metabolisme setelah sepanjang malam berpuasa. Sarapan pagi berguna untuk mengganti waktu malam yang tak terisi makanan dan menambah kebutuhan gula pada tubuh.

Sarapan sehat yang kaya nutrisi, penting untuk bahan bakar otak. Sarapan sehat adalah rahasia hidup sehat, dan juga berguna untuk memberikan mood yang baik sepanjang hari. Sarapan sehat juga sangat berguna untuk memperbaiki memori. Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman dapat membuat otak kita kelaparan. Jika kita tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu.

Jadi, mulai sekarang ayo rutin mengkonsumsi sarapan!


Sarapan Pagi, Mengapa Penting? Sarapan Pagi, Mengapa Penting? Reviewed by Arrundina Puspita Dewi on January 20, 2017 Rating: 5