Tempat Wisata Kuliner Legendaris, Sumatra Barat

Sumatra Barat memang sangat kayak akan tempat wisata kulinernya. Tidak ada habisnya, jika membahas tempat-tempat kuliner Sumatra Barat. Bahkan ada tempat kuliner yang sangat legendaris di Sumatra Barat. Nah kali ini yang akan Lovebanget bahas ialah tempat wisata kuliner legendaris Sumatra Barat. Tempat-tempat ini sudah ada, sejak lama. Dan tempat-tempat ini sudah sangat terkenal. Jadi saat kamu mengunjungi Sumatra Barat, maka kamu wajib datang ke tempat-tempat kuliner ini. Karena kurang lengkap rasanya, jika belum berkunjung ke tempat kulinet legendaris Sumatra Barat ini! Daripada panjang lebar, dan kamu jadi makin penasaran, mendingan langsung aja kita simak sekarang!

Berikut ini tempat kuliner legendaris Sumatra Barat :

1. Es Durian Ganti Nan Lamo


Tempat kuliner yang pertama ada Es Durian Ganti Nan Lamo. Es Durian Ganti Nan Lamo ini merupakan salah satu tempat kuliner legendaris lho! Karena Es Durian Ganti Nan Lamo ini sudah ada sejak tahun 1960. Dan Es Durian Ganti Nan Lamo ini sudah dikelola oleh 3 genarasi berturut-turut. Nah menu Es Durian Ganti Nan Lamo ini sangat banyak. Salah satunya seperti es durian thok, es durian campur, dan es durian cream. Tiga menu es durian ini sama-sama enaknya. Kalau es durian thok didalamnya terdapat potongan durian dan ditambahkan es balok serut. Sedangkan es durian campur, ada agar-agar yang dipotong-potong dadu, kolang-kaling, cincau, nata de coco,es serut dan daging durian yang tanpa biji. Jadi buat kamu pecinta durian kamu wajib datang ke Es Durian Ganti Nan Lamo ini! Rasa es durian tempat ini juga patut diacungi jempol! Jadi kamu nggak bakal rugi kalau datang ke Es Durian Ganti Nan Lamo.

Alamat Es Durian Ganti Nan Lamo : Jalan HOS Cokroaminoto no 31 B

2. Pondok Baselo Lubuk Idai



Pondok Baselo Lubuk Idai ini juga merupakan salah satu tempat kuliner legendaris Sumatra Barat. Bukan legendaris saja, Pondok Baselo Lubuk Idai ini juga sangat famous lho! Pondok Baselo Lubuk Idai ini dalam bahas padang artinya pondok lesehan. Jadi para pengunjung yang datang ke Pondok Baselo Lubuk Idai ini, duduknya lesahan, sesuai dengan nama tempatnya. Selain itu menu yang ditawarkan tempat ini juga sangat enak. Salah satu menu andalan Pondok Baselo Lubuk Idai ini ialah ikan bakar, ayam bakar, kerang laut, dan menu seefood lainnya. Meskipun Pondok Baselo Lubuk Idai menawarkan berbagai menu seafood, tapi bukan berarti tidak ada menu makanan lainnya ya! Karena Pondok Baselo Lubuk Idai ini juga menawarkan menu makanan lainnya, seperti gulai pakis/jengkol, dan gulai jariang. Sekedar info di Pondok Baselo Lubuk Idai ini terdapat jengkol, karena orang minang sangat suka jengkol, jadi wajar kalau Pondok Baselo Lubuk Idai ini terdapat menu jengkolnya. Alamat Pondok Baselo Lubuk Idai : Jalan Khatib Sulaiman No.81

3. Soto Garuda


Soto Garuda ini juga merupakan salah satu tempat kuliner Sumatra Barat, yang sangat legendaris. Pasalnya Soto Garuda ini sudah ada sejak lama, yaitu pada tahun 1976. Cita rasa Soto Garuda ini juga tidak berubah sama sekali. Jadi Soto Garuda ini tetap sama rasanya sejak tahun 1976 hingga sekarang ini. Mereka memang sengaja untuk mempertahankan cita rasanya. Selain itu menu makanan Soto Garuda ini sangat enak. Pokoknya bisa memanjakan lidah kamu. Karena soto di Soto Garuda ini diracik dengan potongan daging kecil-kecil. Bukan itu saja, didalam sotonya juga terdapat paru goreng, dan ditambah segarnya kuah soto. Selain itu soto ini juga menggunakan bihun dan kentang lho! Kebayang gak sih, betapa lezatnya Soto Garuda? Selain itu soto ini dapat kamu santap dengan nasi hangat yang ditaburi dengan kerupuk merah. Jadi saat kamu traveling ke Sumatra Barat, kamu wajib berkunjung ke Soto Garuda ini. Kalau belum berkunjung ke Soto Garuda ini rasanya, belum lengkap! Nah buat kamu yang mau mencicipi soto di Soto Garuda ini kamu dapat berkunjung langsung ke Soto Garuda.

Alamat Soto Garuda : Jalan S.Parman No. 101

4. Lontong Malam Turagari


Lontong Malam Turagari ini berbeda dengan lontong-lontong malam lainya. Biasanya lontong selalu identik dengan sarapan pagi. Tapi kali ini beda, karena Lontong Malam Turagari ini buka, bukan di pagi hari melainkan jam 5 sore sampai dengan jam 3 pagi lho. Menu andalan Lontong Malam Turagari ini ialah lontong telur padang. Lontong telur padang ini berbeda lho, dari lontong-lontong lainnya. Pasalnya lontong telur padang ini menggunakan berbagai kuah, bukan satu kuah saja. Lotong telur padang ini menggunakan kuah pakis, kuah nangka, dan kuah lontong biasa. Inilah yang membedakan Lontong Malam Turagari dengan lontong lainnya. Selain menyediakan lontong, tempat ini juga menyedikan menu lainnya.

Contohnya seperti bubur hitam, bubur kacang hijau, teh telur, dan masih banyak lainnya. Selain itu makanan di Lontong Malam Turagari ini sangat enak jadi kamu bakal ketagihan menyantap makanan di Lontong Malam Turagari. Kuahnya juga sangat kental lho! Kalau jalan-jalan ke Sumatra Barat, tapi belum mengunjungi Lontong Malam Turagari ini, rasanya pasti ada yang kurang. Ibarat memasak tanpa garam, pasti kurang enak! Jadi kalau kamu ke Sumatra Barat, maka kamu harus mencoba makan di Lontong Malam Turagari ini ya! Pasti kamu tidak akan rugi kalau berkunjung ke tempat ini. Soalnya cita rasa lontong di Lontong Malam Turagari ini sangat berbeda dengan lontong-lontong pada umumnya! Nah kalau mau ke Lontong Malam Turagari ini, kami akan berbagi alamat Lontong Malam Turagari ini kok! Jadi kamu tenang aja! Lontong Malam Turagari ini berada di kawasan Jalan Veteran.

5. Sate Mak Syukur.


Sate Mak Syukur ini juga, salah satu tempat kuliner legendaris Sumatra Barat. Karena Sate Mak Syukur ini sudah ada sejak tahun 1941. Dulunya Sate Mak Syukur ini dijajakan keliling di sekitar Padang Panjang. Karena rasa dari Sate Mak Syukur ini sangat lezat, maka Sate Mak Syukur ini dapat berkembang pesat. Bila kamu jalan-jalan ke Sumatra Barat sebaiknya kamu berkunjung ke Sate Mak Syukur ini, karena kalau tidak mencicipi Sate Mak Syukur ini, kamu akan menyesal! Sate Mak Syukur ini, rasanya berbeda dari sate-sate lainnya. Karena kuah dari Sate Mak Syukur ini sangat khas, dan lebih kental. Dan daging satenya juga berbeda dari daging-daging sate lainnya.

Pasalnya daging sate, Sate Mak Syukur ini menggunakan daging sapi, pada bagian punuk  dan rusuk. Daging pada bagian ini sangat bagus. Karena tidak terlalu keras, namun masih juga terdapat lemaknya. Sate Mak Syukur ini juga disajikan diatas daun pisang. Jadi aroma dan kelezatan Sate Mak Syukur ini semakin bertambah. Cita rasa dan kualitas Sate Mak Syukur ini juga, tidak berubah. Masih sama dengan yang dulu. Jadi kalau kamu berkunjung ke Sumatra Barat kamu jangan lupa mengunjungi Sate Mak Syukur ini ya! Karena Sate Mak Syukur ini sangat terkenal akan kelezatan rasanya! Agar kamu tidak penasaran, kamu bisa langsung berkunjung ke Sate Mak Syukur ini!
Alamat Sate Mak Syukur : JL. Sutan Syahrir, No. 250

6. Martabak Kubang Huyada



Martabak Kubang Huyada ini sudah ada sejak tahun 1971. Martabak Kubang Huyada ini juga merupakan salah satu tempat kuliner legendaris Sumatra Barat. Martabak Kubang Huyada ini sudah tidak usah diragukan lagi ya! Karena cita rasa martabak kubang ini sangat enak. Kalau hanya di lihat sepitas, maka Martabak Kubang Huyada ini terlihat sama dengan martabak lainnya. Tapi saat kamu santap, maka akan kamu rasanya sensasi berbeda dari Martabak Kubang Huyada ini. Saat kamu santap, martabak ini akan sangat memanjakan lidah kamu.

Karena adonan dari Martabak Kubang Huyada ini sangat gurih. Bukan itu saja adonannya juga sangat kaya akan rempah-rempahnya. Inilah yang membuat Martabak Kubang Huyada, sangat enak. Tapi bukan sampai disitu saja, daging-daging sapi di Martabak Kubang Huyada ini sangat enak, dan akan memenuhi mulut kamu, sewaktu kamu santap. Pokoknya pecah bangetlah! Ditambah lagi dengan kuah martabak yang begitu lezat. Pasalnya kuah Martabak Kubang Huyada ini, menggunakan kuah cuka, dan dilengkapi dengan potongan tomat, bawang bombay, serta cabai rawit iris.Yang akan menambah kelezatan Martabak Kubang Huyada. Pokoknya kamu harus berkunjung ke Martabak Kubang Huyada ini. Karena tempat ini cocok banget buat kamu yang suka berwisata kuliner. Apalagi buat kamu pecinta martabak, maka wajib banget untuk mengunjungi Martabak Kubang Huyada ini!

Alamat Martabak Kubang Huyada : Jl. Prof. M. Yamin SH No. 138B,





Tempat Wisata Kuliner Legendaris, Sumatra Barat Tempat Wisata Kuliner Legendaris, Sumatra Barat Reviewed by Ade Ramadanti on January 23, 2017 Rating: 5